Tautan-tautan Akses

Restrukturisasi Dewan Keamanan Nasional AS, Hapus Peran Steve Bannon


FILE - Penyusun strategi Gedung Putih Steve Bannon dan Presiden Trump di Gedung Putih Washington.

Penyusun strategi utama Gedung Putih, Stephen Bannon telah dicopot dari perannya dalam Dewan Keamanan Nasional atau NSC, dalam sebuah perombakan yang memulihkan direktur intelijen nasional dan kepala staf gabungan sebagai anggota dalam Komite Utama dewan itu.

Perubahan ini terpapar dalam memorandum kepresidenan tentang keamanan nasional dan diterbitkan Rabu (5/4) dalam Federal Register, jurnal harian pemerintah Amerika.

“Sulit untuk mengkaji apa yang sebenarnnya mereka lakukan,” kata Brian Katulis, seorang peneliti senior di Center for the American Progress. “Tim Trump jelas telah membuat beberapa kesalahan dalam minggu-minggu pertama,” kata Katulis kepada VOA.

Presiden Donald Trump pada Januari menerbitkan inpres yang memberi Bannon, eksektutif dari media berita sayap kanan, wewenang untuk ikut dalam Komite Utama NSC.

Ada keprihatinan bahwa Bannon, yang memimpin kampanye pemilihan Trump dalam bulan-bulan finalnya, akan mencampur adukkan pertimbangan kebijakan dalam negeri ke dalam pembahasan keamanan nasional. Dia adalah tokoh yang menimbulkan perpecahan baik di dalam maupun di luar Gedung Putih, yang menyerukan “perombakan negara” dan melakukan advokasi bagi “nasionalisme ekonomi.” [jm]

XS
SM
MD
LG