Tautan-tautan Akses

Oklahoma Bebaskan 462 Napi dalam Satu Hari, Terbanyak dalam Sejarah 


Lapas Federal El Reno di Oklahoma, 16 Juli 2015.
Lapas Federal El Reno di Oklahoma, 16 Juli 2015.

Lebih dari 400 narapidana dari seluruh negara bagian Oklahoma pada Senin (4/11) dibebaskan dari penjara sesuai dengan perubahan aturan hukum yang telah disetujui oleh para pemilih di negara bagian itu pada 2016.

Perubahan hukum tersebut untuk menurunkan sejumlah kejahatan yang dikategorikan sebagai tindak pidana berat menjadi pelanggaran ringan.

Perubahan aturan itu telah disahkan menjadi undang-undang awal tahun ini dan berlaku surut. Sehingga pelanggaran kepemilikan narkoba dikategorikan sebagai pelanggaran ringan. Perubahan itu juga membuat tindakan pencurian, vandalism, mengutil atau mencuri di toko dan perampokan barang yang bernilai kurang dari AS$ 1.000 atau sekitar 1,5 juta rupiah sebagai pelanggaran ringan, bukan kejahatan.

Berdasarkan perubahan itu, Dewan Pengampunan dan Pembebasan Bersyarat Oklahoma setuju memberikan keringanan hukuman bagi 462 narapidana dengan suara bulat. Pemberian keringanan hukum itu diumumkan secara resmi oleh Gubernur Kevin Stitt yang telah menjadikan pengurangan masa tahanan di penjara sebagai salah satu prioritas utamanya.

Menurut kantor Stitt, pembebasan para narapidana itu akan membuat negara bagian itu berhemat sekitar AS$11,9 juta per tahun. [em/ft]

XS
SM
MD
LG