Tautan-tautan Akses

Irak Hentikan Operasi TV AlHurra yang Dibiayai AS


Kantor Stasiun TV Alhurra di Springfield, Virginia, AS (foto: ilustrasi).

Pemerintah Irak hari Senin (2/9) menghentikan operasi saluran televisi Alhurra yang dibiayai amerika karena menyiarkan laporan yang disebutnya menuduh adanya korupsi dalam berbagai lembaga Sunni dan Syiah di negara itu.

Acara televisi yang berdurasi 12 menit itu disiarkan hari Sabtu dan mengklaim bahwa pejabat keagamaan di Irak telah menyalah-gunakan dana bagi situs-situs keagamaan dan real estate.

Komisi Komunikasi dan Media Irak menuduh alhurra melakukan bias dan merugikan nama baik pemerintah dan laporan itu tidak profesional, tidak berimbang dan tidak didasarkan pada bukti-bukti yang bisa dipercaya. Pemerintah mendesak jaringan televisi satelit yang menyiarkan laporannya dalam bahasa Arab ke kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara itu, supaya segera menghentikan siaran sampai jaringan itu mengeluarkan “koreksi” atas laporannya dan minta maaf.

Langkah ini berarti peringatan terakhir bagi stasiun TV itu, dan hukuman yang lebih keras akan diberikan kalau pelanggaran ini terulang lagi, kata sebuah pernyataan pemerintah Irak.

Para pejabat Sunni dan Syiah di Irak mengecam laporan televisi itu, dan kelompok pasukan paramiliter Hashed al-Shaabi yang dibentuk tahun 2014 atas perintah Ayatollah Ali Sistani menuduh alhurra menjalankan “kebijakan yang bermusuhan.”

Kelompok agama Sunni mengecam laporan itu “penuh dusta,” tapi US Agency for Global Media, organisasi berita yang berkantor di Washington, yang mengatasi alhurra menyebut laporan itu “adil, berimbang dan profesional.” (ii)

XS
SM
MD
LG