Tautan-tautan Akses

Semangkuk apokat yang sudah dihaluskan atau guacamole pada perayaan tradisional Meksiko, Cinco de Mayo tanggal 5 Mei nanti, akan lebih mahal tahun ini, karena harga buah apokat naik akibat melonjaknya permintaan dan menurunnya panen di Meksiko dan California.

Satu kotak berisi 10 kilogram buah apokat Hass dari negara bagian Michoacan, produsen terbesar di Meksiko, seharga 530 peso atau hampir $28 pada Kamis lalu, menurut pemerintah. Harga yang mengalami lonjakan musiman itu, lebih dari dua kali lebih tinggi dibanding setahun sebelumnya dan tercatat yang tertinggi dalam 19 tahun.

Lonjakan permintaan dalam beberapa tahun terakhir sangat dramatis. Konsumsi per kapita Amerika adalah 3,1 kg pada tahun 2015, dibandingkan 1,5 kg pada tahun 2006, menurut pemerintah AS. Orang tertarik pada apokat bukan hanya rasanya tetapi juga untuk minyak dan lemak sehatnya, sebuah tren yang ditayangkan di Amerika oleh pengumuman Starbucks Corp. bulan lalu lewat penjualan sandwich apokatnya.

"Anda telah meningkatkan konsumsi di China dan wilayah lain di dunia, seperti Eropa," kata Roland Fumasi, seorang pengamat di Rabobank, Fresno, Kalifornia. "Mereka membeli bertambah banyak apokat hasil Meksiko sehingga yang tertinggal bagi Amerika semakin sedikit."

Meksiko memasok 82 persen apokat yang yang dikonsumsi di Amerika. Ekspornya ke AS melonjak menjadi 800.000 ton pada tahun 2015 dibanding hanya 11 ribu ton pada tahun 2000, menurut data dari Hass Avocado Board di Mission Viejo, California.

Pohon apokat adalah tanaman pengganti, dengan panen besar satu tahun dan yang lebih kecil tahun berikutnya. Hasil yang lebih kecil diperkirakan musim ini, kata Fumasi. California yang merupakan sisa pemasok bagi Amerika, produksinya akan turun sekitar 44 persen tahun ini, perkiraan dari komisi apokat negara bagian itu.

Rumah makan waralaba Amerika seperti Chipotle Mexican Grill Inc. mengatakan, awal pekan ini kekurangan apokat menekan harga. Data Departemen Pertanian A.S. menunjukkan, apokat Hass dijual di Amerika seharga $ 1,27 per buah pada tanggal 21 April, naik dari 98 sen dari setahun sebelumnya.

Tak satu pun kabar baik bagi mereka yang merayakan Cinco de Mayo pekan depan. Perayaan kemenangan tentara Meksiko atas pasukan Perancis pada Pertempuran Puebla pada tahun 1862, telah menjadi perayaan warga Amerika keturunan Meksiko. Ini juga berubah menjadi salah satu kesempatan terbaik untuk mengkonsumsi guacamole atau apokat di AS, selain pada pertandingan Super Bowl.

Harga alpukat akan "tetap pada tingkat yang relatif tinggi, bisa sampai musim panas," kata Fumasi. Pembeli harus menunggu sampai musim gugur, dan berharap panen Meksiko depan akan lebih besar, sehingga persediaan melimpah untuk menekan harga menjadi jauh lebih rendah, katanya. [ps/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG