Tautan-tautan Akses

Hakim Batalkan Uang Jaminan Tersangka Penembakan di Nashville


Para petugas gawat darurat berjalan di luar restoran Waffle House, 22 April 2018.
Para petugas gawat darurat berjalan di luar restoran Waffle House, 22 April 2018.

Hakim di Nashville telah membatalkan jaminan sebesar $2 juta bagi tersangka yang diduga menembak mati empat orang di restoran Waffle House, Minggu (22/4) pagi.

Kantor jaksa wilayah Nashville mengatakan "dibanjiri telepon" dari para warga yang marah karena Travis Reinking mungkin dibebaskan dengan uang jaminan.

"Fakta bahwa dia mungkin bisa keluar dari tahanan membuat orang takut dan panik lagi," kata seorang juru bicara.

Hakim pengadilan tadinya menetapkan jumlah uang jaminan yang harus dibayar Reinking, beberapa jam setelah dia ditangkap pada Senin (23/4). Para ahli hukum mengatakan tidak lazim jaminan langsung ditetapkan untuk kejahatan serius seperti itu tanpa sidang dengar pendapat atau prosedur lainnya.

Reinking hanya mengenakan jaket hijau dan tidak bercelana, ketika ia diduga menembak mati dua orang di tempat parkir restoran Waffle House sebelum fajar, Minggu. Dia kemudian dituduh masuk ke dalam restoran dengan senapan serbu AR-15 dan melepaskan tembakan yang mengakibatkan dua orang lainnya tewas.

Seorang pelanggan, James Shaw, Jr. merebut senjata Reinking dan melemparkannya ke balik meja kasir. Tersangka melarikan diri dan ditangkap setelah perburuan dua hari. Polisi memuji Shaw sebagai pahlawan yang mungkin telah menyelamatkan lebih banyak orang.

Reinking diduga memiliki empat senjata ketika dia pergi ke restoran itu dan punya riwayat perilaku yang tidak normal.

Dia ditangkap pada Juli 2017 karena berdiri di zona terlarang di dekat Gedung Putih.

FBI merekomendasikan pihak berwajib Illinois untuk mencabut izinnya memiliki senjata dan menyita empat senjata, termasuk senapan yang digunakan dalam pembunuhandi Waffle House.

Polisi menyerahkan senjata-senjata itu kepada ayah Reinking, yang berjanji dia akan menjauhkan senjata dari putranya, tetapi ayahnya memberikan kembali senjata – senjata itu kepada Reinking.[sp/ii]

XS
SM
MD
LG