Tautan-tautan Akses

AS

Clinton Tuangkan Pengalaman Pilpres 2016 dalam Buku


Hillary Clinton berpidato dalam kampanye pilpres di Raleigh, North Caroilina (foto: dok).

Hillary Clinton mempunyai banyak rencana untuk tahun 2017, termasuk merenungkan kekalahannya yang mencengangkan dari Donald Trump.

Kepada kantor berita the Associated Press hari Rabu (1/2), penerbit Simon & Schuster mengatakan mantan menteri luar negeri, senator dan ibu negara itu sedang menulis buku berisi esai pribadi yang akan terbit musim gugur ini.

Buku itu, belum diberi judul, akan berisi ratusan kutipan favorit yang menginspirasi Clinton. Menurut penerbit, Clinton akan menggunakan kutipan-kutipan itu untuk “mengisahkan hidupnya, sampai dan termasuk pengalaman kampanye presiden tahun 2016'' dan menyatakan pendapatnya mengenai masa depan.

“Kata-kata ini menginspirasi hidup saya,'' ujar Clinton dalam pernyataan. “Kutipan ini membantu saya merayakan masa-masa menyenangkan, tertawa menanggapi peristiwa yang tidak masuk akal, bertahan pada masa-masa sulit dan semakin menghargai apa yang terjadi dalam kehidupan ini. Saya berharap, dengan berbagi kutipan-kutipan ini dan pendapat saya tentang kata-kata itu, esai ini akan bermakna bagi pembaca,'' ujar Clinton.

Pengumuman hari Rabu itu menandai kebangkitan Clinton, yang sudah dua kali mencalonkan diri menjadi presiden, berharap menjadi perempuan pertama presiden Amerika. Ia kalah dari Barack Obama dalam pemilihan pendahuluan partai Demokrat tahun 2008 dan kalah dari Trump tahun 2016.

Clinton, usia 69 tahun, kalah dalam salah satu pemilihan presiden paling keras di zaman modern, karena Trump mengancam akan menjebloskan lawannya ke penjara karena menggunakan server email pribadi semasa menjabat menteri luar negeri. [ka/ds]

XS
SM
MD
LG