Tautan-tautan Akses

China Rencanakan Perluasan Jaringan Subway


Orang-orang memasuki stasiun subway di People’s Square, Shanghai (foto: REUTERS/Carlos Barria)

Masa depan metro Shanghai Line 14 termasuk bagian dari rencana memperluas jaringan itu 35 persen pada tahun 2020 sampai 830 kilometer, melebihi jarak dari New York ke Chicago.

Namun Shanghai hanyalah satu pemain dalam menjamurnya pembangunan kereta bawah tanah yang belum pernah terjadi sebelumnya sewaktu kota-kota besar China berlomba untuk mengimbangi meningkatnya penduduk perkotaan dengan layanan angkutan.

Pada tahun 2001, empat kota di China daratan termasuk Beijing dan Shanghai mempunyai jaringan yang agak terbatas. Pada akhir tahun 2016 ada sekitar 30, termasuk beberapa jaringan terpanjang dan tersibuk di dunia, dan sekitar selusin kota lagi mendapat izin membangun jaringan.

Laporan media pemerintah mengatakan, pengeluaran China untuk pembangunan kereta bawah tanah bisa mencapai 2 triliun yuan ($295 miliar) dari 2016-2020 saja.

"China sedang mengalami periode tercepat dalam sejarah manusia untuk pengembangan sistem metro. Ini sangat luar biasa," kata Liu Daizong, pakar transportasi di World Resources Institute di Beijing. [ps/al]

XS
SM
MD
LG