Tautan-tautan Akses

Blinken Alihkan Fokus ke Ukraina dalam Kunjungan ke Inggris


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan konferensi pers di Beijing American Center di Kedutaan Besar AS, di Beijing, China, 19 Juni 2023. (Foto: REUTERS/Leah Millis)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan konferensi pers di Beijing American Center di Kedutaan Besar AS, di Beijing, China, 19 Juni 2023. (Foto: REUTERS/Leah Millis)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Selasa (20/6) melakukan perjalanan ke London di mana dia akan bertemu dengan rekan-rekannya dari Inggris dan Ukraina menjelang konferensi dengan fokus pada penggalangan dukungan internasional untuk membantu Ukraina pulih dari dampak invasi Rusia.

Inggris dan Ukraina menjadi tuan rumah bersama konferensi yang berlangsung Rabu dan Kamis.

Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam acara Hari Pengungsi Sedunia di sebuah pusat yang didirikan untuk membantu warga Ukraina yang melarikan diri dari perang mendapat dukungan untuk beradaptasi dengan kehidupan di Inggris.

Setelah pembicaraan bilateral dengan Cleverly, Blinken juga akan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Selasa malam.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berbicara melalui telepon pada Senin dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjelang Konferensi Pemulihan Ukraina.

“Ini adalah kesempatan unik untuk menggarisbawahi dukungan kuat sektor publik dan swasta bagi Ukraina, dan menunjukkan transformasi negara dan reformasi yang sedang berlangsung yang disetujui oleh para pemimpin,” kata kantor Sunak dalam sebuah pernyataan.

Inggris adalah donor terbesar kedua setelah Amerika Serikat untuk bantuan militer ke Ukraina sejak Rusia menginvasi pada Februari 2022. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG