Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Anggota Kongres AS yang Ditembak dalam 'Keadaan Kritis'


Anggota Kongres Steve Scalise dilaporkan berada “dalam kondisi kritis” (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan anggota Kongres Steve Scalise “dalam kondisi kritis” sementara ia berupaya pulih akibat luka tembak yang dialaminya hari Rabu dalam serangan terhadap anggota Kongres partai Republik di tempat latihan baseball di luar Washington.

“Ia pejuang hebat dan kita berharap ia akan baik-baik saja”, kata Presiden hari Kamis di Gedung Putih hanya beberapa jam setelah mengunjungi Scalise di sebuah RS di Washington.

Scalise masih dalam kondisi kritis setelah pembedahan. Dalam pernyataan hari Rabu RS itu mengatakan “ia akan membutuhkan operasi-operasi tambahan”.

Sebagai pejabat penghubung partai mayoritas di Kongres, Scalise adalah anggota Kongres di urutan ke tiga di DPR. Ia terluka ketika seorang penyerang bersenjata laras panjang dan pistol menembak anggota Kongres Partai Republik yang sedang mempersiapkan pertandingan tahunan hari Kamis melawan tim Partai Demokrat.

Penembak usia 66 tahun, James Hodgkinson dari Belleville, Illinois ditembak tewas oleh Polisi.

Selain Scalise penembak juga melukai polisi Capitol, Crystal Griner dan seorang pembantu Kongres serta seorang pelobi.

Dalam konferensi pers mingguannya, Ketua Partai Demokrat di DPR Nancy Pelosi mengatakan “secara pribadi sangar sedih” atas luka-luka yang dialami Scalise. Ia kemudian mengecam anggota Partai Republik yang “munafik” termasuk beberapa di Kongres yang mengatakan bahwa retorika panas politik sebagian menjadi penyebab serangan itu. [my/ii]

XS
SM
MD
LG