Tautan-tautan Akses

AS

Ancam Bunuh Biden, Pria asal Maryland Ditangkap  


Joe Biden, calon presiden AS dari Partai Demokrat, berbicara kepada para wartawan sebelum menaiki pesawat kampanyenya di Bandara Hagerstown Regional di Hagerstown, Maryland, 6 Oktober 2020.

Seorang laki-laki asal Maryland, Rabu (21/10), ditangkap dan dituduh membuat ancaman pembunuhan terhadap calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Tersangka dikenal bernama James Dale Reed, 42, yang juga didakwa mengancam akan melakukan kekerasan seksual terhadap Senator Kamala Harris, pasangan Biden, dalam surat yang ditinggalkannya di rumah tetangga yang memasang poster mendukung Partai Demokrat.

Penduduk Kota Frederick, Maryland itu yang awalnya membantah mengancam akan melakukan kekerasan terhadap para kandidat itu, tertangkap kamera video bel pintu tetangganya pada 4 Oktober ketika meletakkan surat di depan pintu rumah mereka.

Jaksa penuntut mengatakan Reed diinterogasi di rumahnya dan kemudian ditangkap setelah mengaku melakukan pelanggaran itu.

Dalam pernyataan, Jaksa Wilayah AS untuk Distrik Maryland Robert Hur mengatakan ancaman itu ilegal, dan kantornya menanggapinya dengan serius. Hur menambahkan kantornya akan "meminta pertanggungjawaban orang-orang yang membuatnya."

Secret Service sejak itu mengajukan tuntutan pidana di pengadilan federal terhadap Reed, menurut pernyataan tertulis Reed mengatakan ia menulis surat ancaman karena kecewa dengan situasi politik.

Tindakan Reed terjadi beberapa hari setelah puluhan laki-laki didakwa merencanakan penculikan terhadap Gubernur Michigan Gretchen Whitmer dan terjadi ketika kelompok hak-hak sipil memperingatkan kekerasan terkait pemilu.

Ini bukan pertama kalinya Reed dituduh membuat pernyataan ancaman. Pada 2014, ia membuat ancaman serupa kepada orang tak dikenal yang berada di bawah perlindungan Secret Service. (my/pp)

XS
SM
MD
LG