Tautan-tautan Akses

Afghanistan Tunda Pemilu Presiden


Dua kandidat utama, Presiden Ashraf Ghani (kiri) dan Abdullah Abdullah, bersaing ketat dalam pilpres Afghanistan.
Dua kandidat utama, Presiden Ashraf Ghani (kiri) dan Abdullah Abdullah, bersaing ketat dalam pilpres Afghanistan.

Pemilu presiden di Afghanistan yang pada awalnya dijadwalkan bulan April, akan ditunda beberapa bulan, untuk membenahi masalah-masalah teknis yang muncul dalam pemilu parlemen Oktober, kata sejumlah pejabat pemilu hari Rabu (26/12).

Lebih banyak waktu diperlukan untuk memeriksa daftar pemilih dan melatih petugas untuk sistem pengenalan biometrik yang dirancang untuk menghindari penipuan, kata Abdul Aziz Ibrahimi, wakil juru bicara Komisi Pemilu Independen.

Pemilu parlemen sarat dengan penundaan, setelah beberapa staf yang dilatih dengan sistem biometrik -- yang jumlahnya sedikit -- tidak muncul di tempat pemungutan suara dan banyak pemilih yang sudah terdaftar tidak menemukan nama mereka dalam daftar pemilih. Pemungutan suara harus dilanjutkan untuk hari kedua setelah ratusan TPS dibuka terlambat beberapa jam. Beberapa gugatan hukum telah diajukan untuk menentang hasil-hasilnya.

Tanggal baru untuk pemilihan presiden itu belum ditetapkan.

Pemilihan presiden terakhir, yang diadakan pada tahun 2014, diwarnai kontroversi dan berbagai tuduhan penipuan.

Dua kandidat utama, Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah, bersaing ketat sehingga harus dilangsungkan pemilihan putaran kedua. Tetapi sebelum hasil pemilihan putaran kedua diumumkan, Abdullah menuduh ada penipuan suara besar-besaran dan melancarkan protes luas.

John Kerry, menteri luar negeri AS pada waktu itu, menengahi dan membantu membentuk pemerintah persatuan itu dan meyakinkan komisi pemilihan untuk menunda mengumumkan hasil putaran kedua, yang tampaknya dimenangkan Ghani. (ps/ab)

Recommended

XS
SM
MD
LG