Tautan-tautan Akses

Menhan Irak Akan Menangkap Ketua Kongres Nasional Ahmad Chalabi - 2005-01-22


Menteri Pertahanan Irak menyatakan bermaksud akan menangkap Ketua Kongres Nasional Irak Ahmad Chalabi karena melakukan kecaman dalam persengketaan yang meluas mengenai adanya tuduhan korupsi yang melibatkan para tokoh senior dalam pemerintahan sementara Irak.

Ahmad Chalabi, salah satu tokoh politik yang terkemuka telah mempertanyakan tentang keterlibatan Menteri Pertahanan Hazim al-Shalan dalam transfer uang tunai 300 juta dolar yang kontroversial dari Baghdad ke Libanon. Uang itu diberitakan untuk membeli senjata dan alat perlengkapan militer bagi pasukan pemerintah Irak yang memerangi kaum pemberontak.

Al-Shalam dan Ketua Kongres Nasional Irak keduanya berusaha memperoleh kedudukan di Majlis Nasional dalam pemilu di Irak 30 Januari yang akan datang. Chalabi dianggap sebagai calon untuk memperoleh kedudukan perdana menteri.

Koran New York Times melaporkan transfer uang 300 juta dolar yang secara tidak semestinya itu merupakan sumber spekulasi yang tersebar luas di kalangan para pejabat Irak dan Barat di Baghdad. Koran tadi mengutip penasehat keamanan nasional Irak -- Mowaffak al-Rubate -- yang mengatakan bahwa korupsi di kalangan pejabat di Irak -- sekarang lebih buruk daripada dalam era Saddam Hussein.

XS
SM
MD
LG