Tautan-tautan Akses

Powell: Warga Amerika Ikut Prihatin dengan Para Korban Tsunami - 2005-01-05


Menteri Luar Negeri Amerika Colin Powell mengatakan ia belum pernah melihat kerusakan sehebat yang disebabkan bencana Tsunami pekan lalu di Asia Selatan.

Powell mengatkan kepada para wartawan hari ini segera setelah melakukan penerbangan helikopter ke berbagai tempat di propinsi Aceh, Indonesia. Anggota lain dari delegasi Amerika untuk bencana Tsunami, Gubernur Florida Jeb Bus, mengatakan banyak warga Amerika ikut prihatin dengan para korban Tsunami.

Powell kembali ke Jakarta hari ini untuk mempersiapkan konperensi internasional mengenai bencana Tsunami Asia hari Kamis besok.

Koordinator Bantuan Darurat PBB, Jan Egeland mengatakan Selasa kemarin bahwa janji masyarakat internasional untuk bantuan Tsunami telah meningkat hingga lebih dari dua miliar dolar. Ia menambahkan bahwa para donor harus menyerahkan uang yang mereka janjikan, yang biasanya tidak selalu terjadi di masa lalu.

Sementara itu, Kabinet Jerman diperkirakan akan bertemu Rabu ini untuk membahas peningkatan kontribusi Jerman bagi korban Tsunami hingga sebanyak 664 juta dolar. Saat ini, Berlin telah menjanjikan 26 juta dolar untuk bantuan darurat.

XS
SM
MD
LG