Tautan-tautan Akses

Sharon:  Kematian Arafat  adalah Momen yang Menentukan Bagi Timur Tengah - 2004-11-11


Menanggapi meninggalnya Yasser Arafat, Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengatakan peristiwa itu mungkin adalah momen yang menentukan bagi Timur Tengah. Sharon mengatakan Israel akan meneruskan usahanya untuk mencapai persetujuan politik dengan rakyat Palestina, tanpa penundaan.

Di Washington, Presiden Bush menyatakan rasa belasungkawa rakyat Amerika kepada rakyat Palestina. Sebuah pernyataan dari Gedung Putih menyatakan meninggalnya Arafat adalah momen penting dalam sejarah Palestina. Pernyataan itu juga mengungkapkan harapan bahwa masa mendatang akan membawa perdamaian dan tercapainya aspirasi rakyat Palestina mendirikan negara yang independen dan demokratis.

Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan Arafat adalah simbol perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah – dan menambahkan hadiah Nobel untuk Perdamaian tahun 1994 yang diperolehnya bersama Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin waktu itu adalah penghargaan atas usaha mereka untuk mencapai perdamaian.

Presiden Cina Hu Jintao mengatakan Arafat adalah teman Cina yang sangat baik dan kematiannya merupakan kehilangan besar bagi rakyat Palestina.

Dan SekJen PBB Kofi Annan mengatakan Arafat akan selalu dikenang sebagai tokoh yang membawa rakyat Palestina menerima prinsip hidup berdampingan yang damai bagi negara Palestina di masa depan dengan Israel.

XS
SM
MD
LG