Tautan-tautan Akses

Pasukan Prancis Melepaskan Tembakan Ke Arah Demonstran Pantai Gading, 4 Orang - 2004-11-10


Pasukan Prancis melepaskan tembakan ke arah massa demonstran di Abidjan, kota terbesar di Pantai Gading, hari Selasa menewaskan empat orang dan melukai lebih 100 lagi.

Tindak kekerasan itu meledak di luar Hotel Ivoire, di mana berkumpul sekitar 1000 pendukung Presiden Laurent Gbagbo yang bergaris keras. Para demonstran tadinya berupaya memblokir tank-tank Prancis yang mengepung hotel itu supaya tidak bisa berangkat – tetapi tentara melepaskan tembakan untuk membubarkan massa.

Sebelumnya, Presiden Afrika selatan Thabo Mbeki keluar dari pembicaraan darurat dengan Presiden Gbagbo, sembari mengatakan ia gembira pemimpin Pantai Gading itu telah mengulangi lagi komitmennya kepada proses perdamaian.

Gencatan senjata berantakan Kamis lalu, ketika pesawat-pesawat Tempur Pantai Gading membom daerah yang dikuasai pemberontak, menewaskan 9 anggota pasukan perdamaian Prancis dan seorang petugas bantuan dari Amerika.

Prancis membalasnya dengan memusnahkan sebagian besar angkatan udara yang kecil di Pantai Gading -- langkah mana telah menyulut tindak kekerasan di jalan dan serangan-serangan anti-Prancis.

XS
SM
MD
LG