Tautan-tautan Akses

Reaksi Negara-Negara Di Asia, Eropa Atas Rencana Penarikan Mundur Tentara AS - 2004-08-18


Berbagai negara di Asia dan Eropa tidak membesar-besarkan dampak negatif rencana Amerika untuk menarik mundur tentaranya yang digelar di kedua benua itu.

Jurubicara pemerintah Jerman hari Selasa mengatakan penarikan mundur kurang-lebih 30,000 tentara Amerika di negara itu merupakan “suatu kehilangan.” Tetapi ia juga mengatakan langkah itu menunjukkan perpecahan di Eropa sudah teratasi.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Ivanov mengatakan Moskow tidak melihat alasan untuk merasa prihatin atas penarkan mundur itu – yang akan menempatkan tentara Amerika di bekas sekutu-sekutu Soviet yang berdekatan.

Di Korea Selatan, Menteri Luar Negeri Ban Ki-moon mengatakan negara beranggapan tidak akan ada perubahan besar di semenanjung itu – yang dewasa ini merupakan salah satu fasilitas terbesar bagi tentara Amerika.

Presiden Bush hari Senin mengumumkan rencana untuk mengirim pulang sebanyak 70-ribu tentara Amerika dari Eropa dan Asia dalam dasawarsa mendatang yang merupakan pergeseran militer terbesar sejak akhir Perang Dingin.

Presiden Bush mengatakan penarikan mundur itu akan menciptakan militer yang lebih fleksibel dengan persiapan lebih baik untuk memerangi terorisme, dan menghemat uang bagi pembayar pajak.

XS
SM
MD
LG