Tautan-tautan Akses

Pimpinan APEC Merampungkan Konferensi Puncak Dua Hari di Bangkok - 2003-10-21


Para pemimpin negara-negara Asia Pasifik telah merampungkan konperensi puncak dua hari di Bangkok dengan himbauan agar memulai lagi perundingan perdagangan global dan menyatakan janji akan meningkatkan kerjasama dalam usaha memerangi terorisme.

Dalam sebuah pernyataan bersama yang dibacakan oleh Perdana Menteri Thailand, THAKSIN SHINAWATRA, para pemimpin APEC mengatakan, diperlukan adanya babak baru perundingan perdagangan dunia, setelah runtuhnya perundingan baru-baru ini di Cancun, Meksiko.

Mereka berjanji akan meneruskan usaha ditingkatkannya perdagangan bebas, dan investasi, dengan cara yang akan membantu semua bidang perekonomian, terutama untuk negara-negara yang sedang berkembang.

Mengenai isu terorisme, para pemimpin APEC berjanji akan meng-koordinasi-kan dengan lebih baik, semua usaha untuk membubarkan kelompok-kelompok teroris regional, yang mengancam perekonomian negara-negara anggota APEC. Para pemimpin APEC juga menyatakan dukungan dilanjutkannya perundingan enam pihak mengenai isu nuklir Korea Utara.

XS
SM
MD
LG