Tautan-tautan Akses

CALIFORNIA EARTHQUAKE Oleh Leon Howell - 2003-08-19


Gempa bumi dan ancaman gempa bumi adalah fakta kehidupan yang serius di California, negara bagian paling besar penduduknya di Amerika. Namun sekarang, California sedang mengalami gempa bumi politik ketimbang geologi. Dan hasilnya, seperti biasa, tidak pasti.

Pada tanggal 7 Oktober, warga California akan pergi ke tempat pemungutan suara, kemungkinan untuk memilih sebanyak 2 kali. Pertama, mereka akan mengatakan ‘ya’ atau ‘tidak’ untuk memecat gubernur yang sekarang, Gray Davis.Kedua, mereka juga akan memilih satu dari 135 kandidat (dari 247 yang mendaftar), sebagai orang yang menggantikan Davis jika mayoritas memilih untuk memberhentikannya.

Kedengarannya sederhana. Masyarakat kecewa karena negara bagian itu memiliki defisit sangat besar, sebanyak 38 milyar dolar, dan hampir setengah juta orang tidak mempunyai pekerjaan. Silicon Valley, pusat dunia cyber, berada dalam kondisi terpuruk. Jadi singkirkan Gray Davis, penguasa tertinggi, yang lagipula tidak mempunyai daya tarik.

Namun sesungguhnya, pemecatan itu merupakan langkah yang agak luar biasa. Gray Davis terpilih kembali sebagai gubernur bulan November lalu. Hanya sekali dalam sejarah Amerika seorang gubernur dipecat. Dan Davis tidak melakukan kejahatan. Sekarang ketidak-puasan para pemilih dialihkan terhadap gubernur yang membawa ke periode kehancuran dari kondisi keemasaan. Hal itu mungkin berarti, negara-negara bagian lainnya akan mulai mendepak para pejabat yang terpilih dengan benar karena membuat keputusan tidak popular.

Hampir setiap negara bagian di Amerika mengalami kesulitan dalam perekonomian. Pendapatan yang membumbung pada tahun 1990-an berakhir dengan resesi. Lalu dipandang perlu oleh pemerintah untuk menaikkan pajak, fee, dan pemotongan pelayanan-pelayanan umum untuk menyeimbangkan budget. Kira-kira setengah dari negara-negara bagian di Amerika Serikat telah menaikkan pajak tahun lalu, meskipun ini merupakan aksi yang tidak populer. Tetapi orang-orang dari Partai Republik di DPR California membuat tidak mungkin untuk menaikkan pajak bagi Gubernur California, Gray Davis, yang demokrat . Golongan Republik dituduh mengharapkan keuntungan dari kemarahan rakyat yang meningkat.

Sekitar 1,3 juta orang California menandatangai petisi untuk me-recall Gubernur Davis. Jumlah tersebut cukup untuk mengadakan pemilihan gubernur yang baru. Usaha petisi ini didanai dengan dana bantuan sebesar 1,7 juta (California Secretary of State’s web site) dari anggora kongres dari partai Republik, Dale Issa. Dan ia tidak menyembunyikan keinginannya untuk mengantikan Gray Davis sebagai Gubernur California.

California adalah negara bagian yang terbesar di Amerika Serikat, kira-kira paling tidak masuk dalam kategori 7 ekonomi terbesar di dunia, jika dipisahkan dari Amerika (sebagian besar cerita mengatakan ekonomi terbesar yang ke lima; Jean Bass dari Pusat Budget California mengatakan dalam pembicaraan di telephone, bisa jadi yang ke lima, enam, atau yang tujuh bergantung dengan bagaimana kategori ini dikalkulasikan).Jadi California memberikan dampak ke seluruh dunia.

California juga merupakan target dari lelucon. Seperti juga masalah recall ini, juga tidak ada bedanya. Dari sekitar 500 orang yang mengambil formulir calon dari pemilik majalah penerbitan pornografi yang berskala nasional, mantan bintang televisi yang bertubuh pendek, seorang penari telanjang yang muncul di papan iklan di perbatasan California bagian Selatan, sampai dengan bintang film seperti Arnold Schwarzenegger, mereka semua mengatakan, mereka semua berharap bisa ikut bertarung dalam pencalonan gubernur California. Dale Issa, yang mendanai petisi itu, menangis pada waktu jumpa pers, ia mengakui bahwa ia tidak akan mampu berlaga lebih jauh, bila Arnold memasuki kompetisi pencalonan Gubernur ini. (NY Times, August 8)

Kertas suara dengan 135 nama calon pasti akan sangat terlalu besar. Banyak kota-kota besar masih mengunakan kartu suara lama, yang mengunakan sistem mencoblos kartu suara, seperti yang menyebabkan kekacauan pada waktu pemilihan presiden di negara bagian Florida tahun 2000. Yang paling mengagetkan nanti adalah seorang calon dapat memenangkan pemilu dengan hanya 20 persen suara.

Arnold Schwarzenegger, dengan tidak memiliki pengalaman politik, penampilannya telah banyak menarik perhatian media. Bintang yang datang dari Austria, yang juga memiliki keanehan California karena ayahnya yang seorang Nazi namun isterinya Maria Shriver adalah keponakan Presiden John F. Kennedy. Latar belakang ini bisa membuat Arnold menjadi bintang yang dapat menyedot pendukung, yang akan bisa menang dalam pemilihan gubernur. Tetapi kemenangan itu tampaknya tidak pasti. Sebab Mantan Presiden Bill Clinton, yang juga populer di California, akan menjadi penasehat Gubernur Davis. (AP, August 13)

Ini adalah pertanda situasi yang menganggu bagi seluruh Amerika. Sebagaimana Davis Broder, seorang kolumnis terkemuka, mengkhawatirkan re-call terhadap Gubernur California ini adalah penyimpangan atau pukulan besar terhadap pemerintahan yang terpilih secara demokratis. Apakah Davis harus mundur atau ia akan tetap bertahan, Demokarsi di Amerika akan meninggalkan bekas pukulan yang memalukan.(Washington Post, July 30-2003)

Diterjemahkan oleh: Siti Nurjanah dan Nia Sutadi

XS
SM
MD
LG