Tautan-tautan Akses

Bush: Amerika dan Rusia Akan Bekerjasama Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir - 2003-06-01


Presiden Bush telah tiba di Evian, Prancis untuk menghadiri KTT G-8. Presiden Bush akan berusaha memulihkan persahabatan dengan Presiden Jacques Chirac dan para pemimpin Eropa lain, yang menentang serangan terhadap Irak. Pagi tadi, Presiden Bush bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di St Petersburg, Rusia. Keduanya mengukuhkan kembali kemitraan strategis antara Amerika dan Rusia, dan bertukar perjanjian ratifikasi mengenai persetujuan pengurangan senjata nuklir baru antara Amerika dan Rusia.

Presiden Bush mengatakan, Amerika dan Rusia akan bekerjasama mencegah Iran memiliki senjata nuklir. Berbicara kepada wartawan di St Petersburg hari ini, Presiden Bush mengatakan, ia dan Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak Iran agar memenuhi kewajibannya menurut Perjanjian Non Proliferasi Nuklir.

Presiden Putin mengatakan, Rusia dan Amerika akan terus bekerjasama untuk menangani isu tersebut. Para pejabat Amerika menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir, dan ingin agar Rusia berhenti membantu program nuklir Iran. Iran berkeras, program nuklirnya adalah untuk tujuan damai, dan Rusia membantah bahwa bantuannya kepada Iran adalah untuk mengembangkan senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG