Tautan-tautan Akses

Bush Akhiri Pembicaraan Strategi AS di Camp David - 2001-09-23


Presiden Bush mengakhiri pembicaraan dua hari di Camp David yang bertujuan menyusun strategi dalam perang membasmi terorisme. Presiden Bush berbincang dengan para anggota Dewan Keamanan Nasional melalui sambungan video kemarin. Ia juga berbicara melalui telepon selama 30 menit dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, mengenai langkah-langkah untuk mempersatukan masyarakat internasional dalam membasmi terorisme dalam skala global. Presiden Bush diduga akan segera menandatangani sebuah surat perintah eksekutif yang menyebut kelompok-kelompok teroris dan perorangan, dan membekukan aset finansial mereka di Amerika. Sebelum kembali ke Gedung Putih, Presiden Bush hari ini memimpin Upacara pengibaran bendera tiang-penuh, untuk pertama kalinya sejak serangan teroris tanggal 11 September lalu.

Sementara itu, pasukan Amerika telah berada dalam jarak serang dengan Afghanistan. Para pejabat pertahanan tidak banyak membeberkan rencana militer, namun kapal-kapal induk, pesawat pengebom jarak jauh dan kapal-kapal perang yang dapat menembakkan misil jelajah telah dikerahkan di Teluk Persia dan Samudera Hindia. Ini adalah pengerahan kekuatan terbesar Amerika di kawasan itu sejak Perang Teluk tahun 1991.

Dari New York dilaporkan warga kota New York hari ini berkumpul di Stadion Yankee untuk memanjatkan doa bersama bagi para korban serangan teroris hampir dua pekan lalu. Walikota New York Rudolph Giuliani mengatakan, doa bersama itu dilakukan untuk mengenang mereka yang tewas dan yang belum ditemukan, untuk keluarga mereka dan seluruh bangsa Amerika. Lebih 6300 orang dinyatakan hilang dan diduga tewas. Angka resmi korban tewas sekarang hampir mencapai 500 orang. Giuliani mengatakan, kemungkinan menemukan korban yang masih hidup sangat kecil.

XS
SM
MD
LG