Tautan-tautan Akses

Presiden Bolivia Menang Mudah Dalam Pilpres


Presiden Bolivia Evo Morales menyatakan dirinya menang dalam pemilihan presiden hari Minggu setelah jajak pendapat menunjukkan dengan mudah dirinya menang dan terpilih kembali.

Media massa Bolivia melaporkan Presiden Morales memperoleh sekurang-kurangnya 61 persen suara, unggul 35 poin dari penantang terdekatnya, mantan gubernur Manfred Reyes.

Evo Morales terpilih pertama kali tahun 2005 dan merupakan warga pribumi pertama yang menjadi presiden di negara Amerika Selatan tersebut. Para pengamat mengatakan, kemenangan ini berarti ia akan terus cenderung berhaluan kiri, dengan gerakan reformasi yang bertujuan memperluas pengaturan kekuasaan pemerintah yang ditujukan pada perekonomian dan pendanaan program-program sosial bagi masyarakat miskin.

Berbicara dari balkon istana kepresidenan hari Minggu malam, Morales mengatakan kepada pendukungnya bahwa proses perubahan akhirnya tercapai.

Pemungutan suara hari Minggu menyusul pengesahan amandemen Undang-Undang di awal tahun yang memungkinkan Morales mencalonkan diri untuk kedua kalinya.

Rakyat Bolivia juga memilih anggota Kongres baru, sementara jajak pendapat menunjukkan Partai Gerakan Menuju Sosialisme yang mendukung presiden unggul jauh di depan.

XS
SM
MD
LG