Tautan-tautan Akses

Menkeu AS: Ekonomi Global Terlalu Bergantung Pada Konsumen AS


Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan ekonomi global perlu menghentikan ketergantungan pada konsumen Amerika untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam keterangannya di hadapan Komisi Hubungan Luar Negeri Senat hari Selasa, Geithner mengatakan untuk menghindarkan krisis masa depan, negara-negara hendaknya bekerjasama untuk menyeimbangkan kembali ekonomi global.

Geithner mengatakan peralihan dari ekonomi sedunia yang didasarkan pada permintaan konsumen Amerika ke ekonomi yang didasarkan pada permintaan global sangat penting untuk mengurangi pengangguran Amerika dan meningkatkan gaji golongan menengah penduduk Amerika.

Ia mengatakan warga Amerika sedang menabung lebih banyak dan pemerintahan Obama sudah mulai memusatkan perhatian pada pengurangan defisit. Ia mengatakan pasar dan ekonomi negara berkembang dengan surplus perdagangan yang besar sekarang perlu meningkatkan permintaan konsumen dalam negeri dan kurang bergantung pada ekspor.

Menteri Keuangan Amerika itu mengemukakan beberapa negara, termasuk Tiongkok, sudah mulai bergerak ke arah kebijakan yang lebih sehat.


XS
SM
MD
LG