Tautan-tautan Akses

Iran Tidak Akan Tinggalkan Program Pegolahan Uranium


Media Iran mengutip pimpinan Organisasi Energi Atom Iran mengatakan Teheran tidak akan meninggalkan program pengolahan uraniumnya atau berjanji membatasi kegiatan pengolahannya.

Ucapan Ali Akbar Salehi itu, yang diberitakan hari Kamis, dikeluarkan sementara negara-negara kuat dunia mempertimbangkan rencana untuk mengolah uranium Teheran ke tingkat yang cukup untuk kegunaan sipil, tetapi lebih rendah daripada yang dibutuhkan untuk senjata nuklir.

Salehi mengatakan Iran membutuhkan uranium yang diolah ke tingkat rendah untuk reaktor penelitiannya. Tetapi, ia menekankan bahwa ini tidak berarti Iran tidak akan pernah mencari pengolahan tingkat yang lebih tinggi.

Iran, Amerika Serikat, Rusia, dan Perancis sedang mempertimbangkan rancangan bagi Iran untuk mengirim uranium ke luar negeri untuk diubah menjadi bahan bakar untuk reaktor penelitian Iran.

Pimpinan Badan Energi Atom Internasional, Mohamed ElBaradei, mengatakan ia menghendaki perjanjian itu ditanda-tangani sebelum Jumat. Ia menyerahkan rancangan itu kepada para perunding h

XS
SM
MD
LG