Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Dinilai Hambat Keanggotaan Turki


Sebuah panel ahli dari Eropa mengecam Uni Eropa yang menghalangi keanggotaan Turki dan mengatakan Uni Eropa harus mengubah sikapnya sebelum perundingan menjadi berantakan.

Temuan itu diterbitkan hari Senin dalam sebuah laporan yang ditulis oleh Komisi Independen tentang Turki, sebuah kelompok yang beranggotakan para mantan pemimpin dan pejabat tinggi Eropa yang dipimpin peraih Nobel Perdamaian Finlandia, Martti Ahtisaari.

Panel tersebut menuduh Uni Eropa tidak menepati janjinya untuk melanjutkan pembicaraan mengenai keanggotaan Turki. Laporan itu mengungkap sejumlah keberatan dari beberapa negara anggota dan usaha usaha mengganti status penuh Turki. Kata kelompok tersebut, itu menghianati kepercayaan yang diberikan Turki.

Uni Eropa telah menghalangi atau membekukan perundingan tentang 12 dari 35 syarat-syarat yang harus dipenuhi Turki menjadi anggota Uni Eropa.

Laporan tersebut mengatakan langkah-langkah itu telah menimbulkan kemarahan di Turki yang melihat Eropa menjalankan standard ganda terhadap sebuah negara Islam.



XS
SM
MD
LG