Tautan-tautan Akses

AS Masih Tunggu Konfirmasi Resmi Iran Tentang Penahanan Warganya


Amerika mengatakan belum mendapat konfirmasi resmi bahwa tiga warganya yang hilang telah ditahan atas tuduhan memasuki Iran dari Irak tanpa izin.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Robert Wood hari Rabu mengatakan tidak ada keraguan terhadap laporan media Iran bahwa tiga orang itu ditangkap hari Jumat dekat perbatasan Iran-Irak. Namun ia mengatakan Amerika tidak bisa menindaklanjuti kasus mereka sampai pemerintah Iran secara resmi mengkonfirmasi penangkapan tersebut.

Amerika tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Iran dan minta bantuan duta besar Swiss di Teheran untuk memperoleh informasi. Wood mengatakan duta besar Swiss telah menghubungi kementerian luar negeri Iran hari Selasa dan kementerian itu mengatakan mereka berusaha mencari informasi mengenai ketiga orang itu.

Masih pada hari Selasa, kantor berita Iran Fars mengutip pernyataan wakil gubernur propinsi Kordestan Iran bahwa ketiga warga Amerika itu telah diperiksa dan mereka menyatakan tidak melakukan tindak kejahatan apapun.

XS
SM
MD
LG