Tautan-tautan Akses

Hugo Chavez: Zelaya akan Kembali ke Honduras


Presiden Venezuela Hugo Chavez yang berpaham kiri mengatakan presiden Honduras terguling Manuel Zelaya berencana kembali ke tanah airnya, sementara seorang jurubicara pemerintah Amerika menyerukan sebuah penyelesaian damai yang bisa dirundingkan dengan mereka yang berkuasa sekarang di Honduras.

Chavez hari Jumat dalam lawatannya ke La Paz, Bolivia mengatakan sukutu regionalnya, Zelaya akan kembali ke Honduras dalam beberapa jam mendatang.

Pernyataan ini tidak dikonfirmasi oleh siapapun. Jurubicara departemen luar negeri Amerika PJ Crowley dikutip sebagai mengatakan tidak satupun negara di kawasan yang bisa mengambil sesuatu tindakan yang ber berpotensi meningkatkan resiko kekerasan baik di Honduras maupun di negara negara sekitarnya.

Upaya Zelaya paling akhir mendarat di Honduras awal bulan ini telah dicegah oleh militer dan memicu bentrokan yangmengakibatkan sedikitnya seorang tewas.

Zelaya disingkirkan 28 Juni oleh militer dan lawan-lawannya yang mengatakan Zelaya berusaha mengubah konsitusi secara tidak sah untuk memperpanjang masa jabatannya.



XS
SM
MD
LG