Tautan-tautan Akses

Militer AS dan Korsel Tingkatkan Kesiagaan Setelah Ancaman Korea Utara


Pasukan Korea Selatan dan pasukan Amerika meningkatkan kesiagaan mereka di semenanjung Korea hari Kamis ke tahap tertinggi sejak tahun 2006, sehari setelah Korea Utara menyatakan negara itu tidak lagi mengakui gencatan senjata yang telah berlaku lebih lima puluh tahun.

Para pejabat pertahanan mengatakan komando pasukan gabungan Amerika-Korea Selatan telah meningkatkan pengintaiannya atas Korea Utara dan meningkatkan kewaspadaan dari tahap tiga ke tahap dua.

Komando pasukan gabungan itu, sebelum ini, tidak pernah menaikkan tahap kewaspadaannya ke tahap tersebut sejak Korea Utara melakukan uji coba peledakan nuklir yang pertama tahun 2006.

Hari Rabu, Korea Utara mengumumkan militernya tidak terikat lagi pada gencatan senjata tahun 1953 yang mengakhiri Perang Korea.

Negara itu juga mengancam akan mengambil tindakan militer kalau kapal-kapal Korea Selatan dan Amerika mencegat kapal-kapal Korea Utara yang dicurigai membawa bahan-bahan nuklir.

Tindakan demikian dapat dilakukan berdasarkan Prakarsa Keamanan Penyebaran Nuklir yang dipimpin Amerika. Korea Selatan turut dalam program itu setelah percobaan nuklir bawah tanah Korea Utara pekan ini.


XS
SM
MD
LG