Tautan-tautan Akses

Menlu Israel yang Baru Kecam Usaha Perdamaian dengan Palestina


Menteri LN Israel yang baru mengecam usaha perdamaian Timur Tengah yang dijalankan selama ini, karena katanya, konsesi yang diberikan kepada Palestina hanya akan memicu perang baru.

Ini dikatakan oleh Avigdor Lieberman hari Rabu. Katanya, Israel tidak terikat pada perjanjian tahun 2007 yang ditengahi Amerika untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Tapi katanya, Israel akan menjalankan apa yang disebut Peta Jalan Tahun 2003. Kedua rencana itu menyerukan pembentukan negara Palestina merdeka.

Perjanjian tahun 2007 yang dicapai di Annapolis, Amerika, menyerukan diakhirinya kekerasan dan minta Israel untuk menghentikan semua kegiatan permukiman baru di kawasan pendudukan.

Komentar Lieberman itu dikeluarkan segera setelah Benyamin Netanyahu memulai masa jabatannya yang kedua sebagai perdana menteri. Di Qatar, Presiden Palestina Mahmud Abbas mengecam Netanyahu, dengan mengatakan Netanyahu tidak suka perdamaian.

Kemarin, Netanyahu mengatakan pemerintahnya menginginkan perdamaian dengan orang-orang Arab, namun tidak akan membiarkan siapapun mempertanyakan hak hidup Israel.

XS
SM
MD
LG