Tautan-tautan Akses

Partai Oposisi Islamis Malaysia Menangkan Pemilu Sela di Kuala Trangganu


Partai oposisi Islamis Malaysia memenangkan pemilihan sela di bagian timur-laut negara itu Sabtu yang dipandang sebagai ujian penting bagi koalisi yang berkuasa di negara itu.

Calon golongan oposisi Partai Islamis Pan-Malaysia – Abdul Wahid Endut – mengungguli calon koalisi yang berkuasa – Datuk Wan Ahmad Farid Salleh – dengan lebih dari dua ribu suara. Ada lebih dari 60 ribu suara yang diberikan.

Para pejabat pemilihan mengatakan, hampir 80 persen pemilih memberikan suara di Kuala Trangganu.

Barisan Nasional yang memerintah menang tipis dalam jumlah kursi parlemen dalam pemilu Maret 2008.

Angket pendapat umum sebelumnya menunjukkan pemilu hari ini diKuala Terengganu berimbang antara calon dari koalisi yang berkuasa dan saingannya dari satu partai Islamfundamentalis. Calon yang ketiga, seorang independen, ketinggalan di belakang dalam popularitas.

Survei baru-baru ini mendapati bahwa sebagian besar pemilih dari golongan Tionghoa – kira-kira 11 persen dari jumlah pemilih – mendukung calon oposisi.Golongan Melayu,yang lebih dari 88 persen dari jumlah pemilih, kabarnya terpecah.

Koalisi yang berkuasa, Barisan Nasional, menang tipisdalam pemilu parlemen nasional bulan Maret tahun 2008.

Kira-kira 6-ribu orang polisi dikerahkan untuk mencegah kekerasan yang berhubungan dengan pemilu di ibukota negeri Trengganu, yang hanya mempunyai kira-kira 80 ribu orang pemilih yang terdaftar.


XS
SM
MD
LG