Tautan-tautan Akses

Vejjajiva Menangkan Pemungutan Suara Perdana Menteri Thailand


Pemimpin oposisi Thailand, Abhisit Vejjajiva memenangkan pemungutan suara Parlemen dan menjadi perdana menteri Thailand yang ketiga dalam kurang dari setahun.

Abhisit memperoleh 235 suara, dibanding 198 suara untuk calon yang diajukan bekas partai pemerintah dan sekutu-sekutunya, mantan panglima polisi Pracha Promong.

Ratusan pendukung PM tersingkir Thaksin Sinawatra berusaha memblokade gedung parlemen setelah pemungutan suara itu, menghancurkan kaca-kaca jendela mobil yang membawa para legislator Partai Demokrat.

Abhisit yang mendukung protes anti-pemerintah yang membuat kedua bandar udara Bangkok tutup delapan hari sebelumnya bulan ini, menggantikan PM Somchai Wongsawat.

Somchai meletakkan jabatan sebelumnya bulan ini setelah Mahkamah Agung menyatakan partainya dan partai-partai sekutu dalam koalisi melakukan kecurangan dalam pemilu.

Somchai adalah adik ipar Thaksin, yang disingkirkan tahun 2006 oleh militer yang menuduhnya korupsi dan menyalahgunakan kekuasaan. Sejak itu Thaksin tinggal di pengasingan.

XS
SM
MD
LG