Tautan-tautan Akses

Thabo Mbeki akan Buat Rencana  Majukan Perundingan Kekuasaan di Zimbabwe


Seorang pejabat Zimbabwe mengatakan Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki akan, dalam kata-katanya, “membuat rencana cara memajukan” perundingan berbagi kekuasaan, yang macet saat ini.

Ketua tim perunding dari partai berkuasa di Zimbabwe, Menteri Kehakiman Patrick Chinamasa, mengatakan kepada media pemerintah bahwa partai-partai yang saling bertikai di negara itu telah menggelar sejumlah diskusi bilateral terpisah dengan Mbeki di Afrika Selatan. Ia mengatakan pembicaraan itu berlangsung karena Mbeki ingin mencari jalan terobosan dalam krisis politik Zimbabwe.

Nelson Chamisa, jurubicara oposisi Gerakan bagi Perubahan Demokratis MDC, hari Minggu kemarin mengukuhkan bahwa para perunding MDC telah bertemu Mbeki hari Jumat. Ia mengatakan para perunding telah kembali ke Zimbabwe tanpa membawa perkembangan konkret apa pun.

Perundingan macet karena ketidaksepakatan mengenai cara berbagi kekuasaan antara Presiden Robert Mugabe dan pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai, dalam suatu pemerintah persatuan.

XS
SM
MD
LG