Tautan-tautan Akses

IAEA Kirim Tim ke Suriah untuk Selidiki Isu Pembangunan Reaktor Nuklir


Badan Tenaga Atom Internasional atau IAEA telah mengukuhkan akan mengirim tim ke Suriah bulan ini untuk menyelidiki tuduhan bahwa Suriah diam-diam mencoba membangun reaktor nuklir.

Ketua IAEA Mohamed ElBaradei hari Senin ini memberitahu dewan dengan 35 anggota itu bahwa para inspektur akan berada di Suriah pada tanggal 22 sampai 24 Juni untuk memeriksa lokasi dimana negara itu dituduh membangun reaktor nuklir.

Elbaradei tidak mengatakan apakah Suriah telah memberi ijin untuk mengunjungi lokasi yang sudah dihancurkan oleh serangan udara Israel September lalu. Suriah telah membantah melakukan aktifitas ilegal dan telah sepakat untuk memgijinkan para inspektur masuk negara itu bulan ini.

Badan pemantau atom PBB itu mengadakan pertemuan 5 hari di Wina guna membahas program Suriah dan juga aktifitas nuklir Iran.

ElBaradei sangat kritis terhadap kurangnya kerja sama Iran bagi penyidikan IAEA mengenai program nuklirnya. Iran bersekeras bahwa program atomnya bertujuan damai.

Juru bicara departemen luar negri Amerika Sean McCormack hari ini mendesak agar Suriah kerjasama penuh dengan para inspektur.

XS
SM
MD
LG