Tautan-tautan Akses

Menlu Kanada Mundur Karena Tinggalkan Dokumen di Tempat yang Tidak Aman


Menteri Luar Negeri Kanada Maxime Bernier mengundurkan diri Senin kemarin setelah diketahui bahwa dia meninggalkan dokumen rahasia di rumah bekas pacarnya, yang mempunyai hubungan dengan anggota kelompok sepeda motor Hell’s Angels.

Perdana Menteri Stephen Harper mengatakan dia menerima pengunduran diri Bernier karena menteri luar negeri itu telah melakukan kesalahan serius dengan meninggalkan dokumen pemerintah di sebuah tempat yang tidak aman.

Bernier telah dikecam dalam beberapa pekan terakhir ini disebabkan serangkaian kesalahan politik, dan berita bahwa bekas pacarnya (Julie Couillard) terkait dengan kelompok sepeda motor tersebut. Hells Angels dituduh terlibat dalam kejahatan terorganisasi.

Couillard tampil dalam jaringan televisi berbahasa Perancis di Quebec Senin malam. Dia mengatakan dia tidak melakukan kesalahan apapun dan belum pernah dihukum karena melakukan sesuatu kejahatan. Dia mengatakan Bernier tahu tentang keterkaitannya dengan kelompok pengendara sepeda motor di Quebec itu.

XS
SM
MD
LG