Tautan-tautan Akses

Pasukan AS Tewaskan 4 Orang dekat KotaMosul, Irak Utara 


Pasukan AS telah menewaskan 4 orang, termasuk 2 warga sipil, dekat kota Mosul, Iraq utara. Pihak militer AS mengatakan dalam sebuah pernyataan Ahad ini bahwa pasukannya menembaki sebuah kendaraan, membunuh 2 orang bersenjata, seorang wanita dan seorang anak. Militer mengungkapkan, 3 tembakan peringatan dilepaskan dan si supir menolak berhenti.

Menurut militer kematian warga sipil itu amat disesalkan. Pasukan Iraq dan AS mulai mulai meluncurkan ofensif besar melawan kelompok al-Qaida di Iraq di Mosul Saptu kemarin. Mosul dianggap sebagai kubu urban terakhir yang penting kelompok al-Qaida di Iraq.

Juga Sabtu kemarin, seorang pembantu bagi pemimpin Syi’ah radikal Iraq Moqtada al-Sadr mengutarakan, para pendukung ulama itu telah mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan pemerintah untuk mengakhiri pertempuran di distrik Kota Sadr, di Baghdad. Menurut jurubicara pemerintah Iraq, Ali al-Dabbagh, gencatan senjata ini hanya berlaku untuk distrik Kota Sadr saja.

Kata jurubicara al-Dabbagh, langkah pertama adalah menghentikan penembakan dan memindahkan bom-bom yang ada di jalan-jalan. Menurutnya, siapa saja yang mengemban senjata, akan menjadi target pasukan keamanan.

XS
SM
MD
LG