Tautan-tautan Akses

Bush: Taliban Terpukul Hebat Akibat Operasi Militer Koalisi Tahun Lalu


Presiden Bush mengatakan kaum militan Taliban di Afghanistan terpukul hebat tahun lalu ketika dilancarkan operasi militer oleh pasukan AS, Afghanistan dan NATO.

Dalam konferensi pers hari Kamis, Presiden Bush mengatakan pasukan sekutu dalam posisi ofensif terhadap kaum pembrontak dan gerakan Taliban yang semakin banyak melakukan kekerasan.

Namun, Presiden Bush juga mengatakan masuk akal kalau Amerika ingin meninjau kembali strategi Amerika di Afghanistan untuk melihat mana yang berjalan baik dan mana yang tidak.

Pekan ini, militer Amerika mengatakan mereka akan menilai kembali strategi koalisi di Afghanistan mengingat meningkatnya serangan-serangan Taliban.

Presiden Bush menyatakan kekhawatiran bahwa sekutu-sekutu Amerika di NATO mungkin kelelahan setelah yang disebutnya bekerja keras mengamankan Afghanistan dan mungkin ingin menarik diri.

Ia mengatakan sasaran Amerika adalah untuk memberikan mereka pilihan –selain misi melakukan serangan—di Afghanistan dan mengingatkan sekutu-sekutu NATO bahwa tugas mengamankan negara yang dikoyak perang itu memerlukan waktu.


XS
SM
MD
LG