Tautan-tautan Akses

Enam Negara Bertemu di Beijing Bahas Isu Nuklir Korea Utara


Wakil-wakil dari enam negara yang mengupayakan resolusi atas isu nuklir Korea Utara bertemu di Beijing hari Selasa untuk membahas langkah-langkah berikutnya dalam menerapkan kesepakatan bulan Februari.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika hari Selasa mengatakan utusan Amerika Christopher Hill akan mengimbau dirampungkannya tahap pertama dan kedua kesepakatan itu akhir tahun ini. Sebelumnya, Hill memberitahu para wartawan, Amerika dan Korea Utara pada umumnya sepakat mengenai jadwal waktu bagi Pyongyang untuk membuat semua fasilitas nuklirnya tidak aktif lagi.

Berdasarkan kesepakatan itu, Pyongyang berjanji akan membatalkan sepenuhnya program nuklirnya dengan imbalan bantuan energi dan kemungkinan manfaat politik.

Tim inspektur internasional pekan lalu mengkonfirmasi bahwa Korea Utara telah menutup reaktor nuklirnya yang terbesar di Yongbyon. Dalam tahap kedua kesepakatan itu, Pyongyang sedianya harus membuat Yongbyon tidak bisa aktif lagi dan membuat pernyataan mengenai semua program nuklirnya.

Seorang mantan utusan khusus PBB bagi perundingan dengan Korea Utara, Charkes Prichard memberitahu VOA bahwa ia beranggapan Korea Utara akan mengemukakan pertanyaan mengenai dampak pembongkaran reaktor nuklir itu terhadap lingkungan hidup.

XS
SM
MD
LG