Tautan-tautan Akses

Menhan Gates Kunjungi Baghdad, Desak Rekonsiliasi Nasional


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates berada di Bagdad untuk menekan para pejabat tertinggi Irak agar bertindak lebih cepat mewujudkan rekonsiliasi nasional untuk meredakan kekerasan yang kini berlangsung. Gates tiba dari Brussel Jumat malam dalam kunjungan mendadak.

Dalam perjalanan ke Bagdad dia mengatakan kepada wartawan, Amerika kecewa oleh lambatnya kemajuan Irak dalam mensahkan undang-undang dan dalam mengambil langkah-langkah lain untuk menghentikan kekerasan sektarian. Militer Amerika mengumumkan hari ini, sebuah jet tempur F-16 dengan seorang awaknya jatuh di Irak sewaktu memberi dukungan udara. Pengumuman itu tidak menyebut dimana pesawat itu jatuh, sebabnya dan apakah pilotnya selamat.

Sebelumnya perdana menteri Irak memerintahkan jam malam yang belum ditentukan batas waktunya di kota Basra, Irak Selatan, hari ini, setelah sebuah mesjid Sunni dibom di sebuah kota di dekatnya. Tidak ada korban dalam pemboman itu. Paling kurang enam mesjid Sunni lain diserang sejak tersangka militan al-Qaida membom Mesjid Askariya yang disucikan Syiah di Samarra, Rabu lalu.

XS
SM
MD
LG