Tautan-tautan Akses

YouTube Setuju Mengeluarkan Rekaman dari Situsnya yang Menghina Raja Thailand


Pihak berwenang Thailand mengatakan situs internet Amerika untuk berbagi video yang populer, YouTube, telah setuju untuk mengeluarkan sejumlah rekaman dari situsnya, rekaman yang dianggap menghina raja yang sangat dihormati di negara itu.

Departemen Informasi dan Komunikasi Teknologi Thailand mengatakan hari ini bahwa Google, yang memiliki YouTube, setuju akan mengeluarkan 12 rekaman video dari situs tersebut.

Pemerintah Thailand memblokir akses ke YouTube dalam bulan April setelah perusahaan itu menolak tuntutan Thailand agar perusahaan itu mengeluarkan dari situsnya sebuah rekaman yang memperolok-olokkan Raja Bhumibol Adulyadej.

Jumlah rekaman video yang mengecam raja itu bertambah banyak setelah Thailand menyatakan situs itu dilarang di Thailand. Sebuah rekaman memperlihatkan kaki yang diarahkan ke raja, sebuah pelanggaran etiket besar di Thailand.

Belum jelas kapan atau apakah Thailand berencana akan membuka kembali akses ke situs tersebut. Menghina raja adalah kejahatan di Thailand dan pelakunya dapat dihukum penjara hingga 15 tahun

XS
SM
MD
LG