Tautan-tautan Akses

Kondisi Untuk Mengirim Bantuan Ke Kepulauan Solomon Telah Membaik


Kondisi untuk mengirimkan bantuan berangur-angsur membaik di Kepulauan Solomon, tetapi para pejabat memperingatkan mengenai kemungkinan meningkatnya krisis kesehatan .

Perbekalan dari Selandia Baru, Australia dan wilayah Prancis New Caledonia telah mulai datang sesudah dibukanaya kembali landasan udara di kota utama Gizo, yang dilanda berat oleh tsunamai. Namun banyak desa kecil masih tidak bisa didatangi setelah terjadi gempa berkekuatan 8 menurut skala Richter yang disusul tsunami itu.

Perbekalan air bersih masih kurang, dan para pejabat khawatir mengenai timbulnya wabah penyakit. Kasus diare telah diberitakan terjadi di kam-kam darurat, yang menampuang ribuan pengungsi. Ratusan orang masih tetap berkemah di bukit-bukit yang menghadap desa-desa mereka yang hancur. Mereka takut kembali kembali pulang karena terus terjadinya getaran susulan .

Sedikitnya 34 orang tewas dan lebih dari 5 ribu kehilangan tempat tinggal karena gempa dan tsunami. Banyak lainnya masih hilang. Para pejabat keehatan memperkirakan, sampai 50 ribu orang terkena akibat bencana aitu.

XS
SM
MD
LG