Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice Bertemu Menlu Vietnam, Singgung Masalah Pelanggaran HAM


Mentri LN Amerika Condoleezza Rice telah mengadakan pembicaraan dengan Mentri LN Vietnam, Pham Gia Khiem hari ini. Seorang jurubicara Departemen LN Amerika mengatakan pembicaraan itu menyinggung masalah HAM dan masalah regional lainnya.

Organisasi HAM yang berkantor pusat di New York, Human Rights Watch baru-baru ini menuduh Vietnam melancarkan salah satu tindakan keras paling buruk terhadap para pengecam dalam waktu 20 tahun ini. Diantara yang ditahan di Vietnam adalah dua pengacara hak asasi, dan seorang pastur Katholik yang sering mengecam pemerintah.

Memberikan keterangan kepada para wartawan sebelum pertemuan, jurubicara Departemen LN Amerika Sean McCormack mengemukakan Vietnam memperoleh kemajuan dalam bidang kebebasan agama. Tetapi, ia mengatakan ada beberapa penahanan yang mencemaskan dan mengatakan bahwa AS akan terus mempersoalkan masalah itu dengan pejabat-pejabat Vietnam.

McCormack mengatakan Mentri Rice juga akan membahas peran Vietnam di kawasan itu dan kemungkinan kunjungan presiden Vietnam ke AS tahun ini.

XS
SM
MD
LG