Tautan-tautan Akses

Korsel Mendesak Korut agar Melaksanakan Persetujuan Perlucutan Senjata Nuklir


Korea Selatan mendesak Korea Utara agar dengan cepat melaksanakan persetujuan perlucutan senjata nuklir dalam pembukaan pembicaraan tingkat tinggi antara kedua negara, yang pertama kalinya dalam tujuh bulan, hari ini.

Laporan media Korea Selatan mengatakan bahwa dalam pembicaraan di ibukota Korea Utara, Pyongyang, Menteri Unifikasi Korea Selatan Lee Jae-joung juga menghimbau kedua pihak agar melanjutkan proyek-proyek kemanusiaan, termasuk pertemuan keluarga-keluarga yang terpisah sejak Perang Korea.

Korea Utara menghentikan pertemuan keluarga tersebut tahun lalu setelah Korea Selatan menolak melanjutkan bantuan kemanusiaan untuk negara yang tertutup itu, menyusul percobaan misilnya pada bulan Juli. Hubungan kedua negara makin buruk setelah Pyongyang melakukan percobaan nuklir yang pertama yang diketahui pada bulan Oktober.

Kedua pihak juga diperkirakan akan membicarakan pembukaan kembali jalur kereta api di seluruh wilayah perbatasan yang dikawal dengan ketat.

Korea Utara berjanji dalam bulan ini akan menutup reaktor nuklir utamanya sebagai imbalan bantuan energi dan pengakuan diplomatik.
XS
SM
MD
LG