Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Kecewa Atas Ucapan Putin Bahwa AS Telah Melangkahi Perbatasannya


Gedung Putih mengatakan terkejut dan kecewa atas ucapan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Amerika telah melangkahi perbatasannya dan mengembangkan perlombaan senjata global. Juru bicara Penasehat Keamanan Nasional Presiden Bush hari Sabtu menggambarkan tuduhan Putin itu keliru.

Juru bicara itu mengatakan, Amerika berharap akan terus bekerjasama dengan Rusia dalam berbagai bidang yang penting bagi masyarakat internasional seperti kontra terorisme dan mengurangi ancaman dan penyebaran senjata penghancur masal. Presiden Putin mengeluarkan ucapan itu dalam pidatonya pada Konferensi Keamanan Internasional di Munich, Jerman.

Putin juga mengritik perluasan Persekutuan NATO dengan mengatakan persekutuan itu menggelar pasukan di ambang pintu Rusia menyebabkan turunnya tingkat saling percaya.

Sekretaris Jenderal NATO Jaap de Hoop Scheffer mengecam ucapan Presiden Putin itu dengan mengatakan ucapan itu tidak membantu. Juru bicara Kremlin mengatakan pidato Presiden Putin bukan tentang konfrontasi melainkan undangan untuk berpikir.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates hadir ketika Presiden Putin mengucapkan pidatonya. Gates akan mengucapkan pidato pada konferensi itu hari Minggu. Tidak diketahui apakah Gates akan menjawab ucapan Putin tersebut.

XS
SM
MD
LG