Tautan-tautan Akses

Demonstran Palestina Kembali Bentrok dengan Polisi Israel di Dekat Masjid Al-Aqsa


Demonstran yang terdiri atas orang-orang Palestina hari Minggu baku-hantam dengan polisi Israel, sementara Israel melanjutkan renovasi dekat tempat suci Islam di Yerusalem. Itu merupakan demonstrasi hari ke-3 menentang pekerjaan renovasi yang dilakukan Israel pada jalan menuju Masjid al-Aqsa, tempat ketiga tersuci bagi Islam.

Para pekerja kembali ke tempat itu sejak subuh hari Minggu di bawah pengawalan ketat polisi. Sebelumnya dalam sidang kabinet Perdana menteri Israel Ehud Olmert mengatakan renovasi harus diteruskan sebab jalan tersebut berbahaya.

Kabinet menyetujui dengan suara bulat renovasi dilanjutkan meskipun ada tiga menteri yang abstain. Jalan yang dibangun itu menuju ke kompleks Haram al-Sharif. Orang Yahudi menyebutnya Temple Mount sebab di situ terletak dua kuil kuno Yahudi.

Dalam perkembangan lain – presiden Palestina Mahmoud Abbas menerangkan kepada wartawan hari Minggu bahwa pembicaraan tiga pihak bulan ini antara dirinya, Perdana Menteri Olmert dan menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice akan menyangkut status akhir semua isu tentang negara Palestina.

XS
SM
MD
LG