Tautan-tautan Akses

Pemimpin Faksi Fatah dan Hamas Bertemu Secara Terpisah dengan Raja Saudi Abdullah


Pemimpin-pemimpin faksi Palestina yang bersaing, Fatah dan Hamas telah bertemu secara terpisah dengan Raja Saudi Abdullah, sebelum pembicaraan rekonsiliasi resmi hari Rabu. Pembicaraan dilangsungkan di Mekkah.

Hari Rabu, Raja Saudi akan menjadi tuan rumah sidang pertemuan antara Presiden Palestina Mahmoud Abbas dari golongan Fatah dan Khaled Mashaal, ketua bidang politik kelompok militan Islami Hamas yang hidup di pengasingan. Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh, dari Hamas, juga akan hadir.

Dalam sebuah pernyataan hari Selasa, Raja Abdullah mengatakan ia berharap para pemimpin Palestina sebelum meninggalkan Mekah akan mencapai kesepakatan untuk “menghentikan pertumpahan darah.”

Para pemimpin Palestina mengatakan mereka sudah hampir mencapai kesepakatan mengenai pemerintah yang bersatu. Pertempuran antar-faksi berkobar Desember setelah pembicaraan persatuan gagal dan Abbas mengimbau pemilu baru. Pekan lalu, lebih dari 25 orang Palestina tewas dalam bentrokan yang terulang-lagi, sebelum gencatan senjata baru disepakati.

XS
SM
MD
LG