Tautan-tautan Akses

Pasukan Amerika dan Irak Mulai Lancarkan Operasi Keamanan di kawasan Baghdad


Pasukan Amerika dan Irak mulai melancarkan operasi keamanan yang telah lama ditunggu-tunggu di kawasan Baghdad untuk meredam aksi kekerasan antar golongan yang telah menewaskan ratusan orang dalam minggu-minggu terakhir ini.

Ini dikatakan oleh jurubicara tentara Amerika, mayor jenderal William Caldwell. Katanya operasi penumpasan itu akan diperluas sesuai dengan tibanya pasukan tambahan yang baru di Baghdad. Kata laporan pers dari Baghdad, operasi gabungan Amerika–Irak itu dimulai di kawasan sunni di kota Baghdad.

Sementara itu, Amerika mengatakan satu lagi helikopter tentaranya jatuh di sebelah barat daya Baghdad. Tujuh orang tentara yang berada di dalamnya tewas, tapi dan tidak dijelaskan apakah helikopter itu jatuh kena tembak. Kelompok sunni yang katanya punya hubungan dengan jaringan al-qaida mengaku bertanggung-jawab atas penembakan helikopter Amerika itu. ini adalah helikopter Amerika ke-5 yang jatuh di Irak dan beberapa minggu terakhir. Komando militer amerika minggu lalu mengakui empat helikopternya telah ditembak jatuh oleh pemberontak dalam dua minggu terakhir. 20 lebih tentara Amerika dan kontraktor keamanan tewas.

XS
SM
MD
LG