Tautan-tautan Akses

PM Maliki Perintahkan Militer Irak Percepat Pelaksanaan Operasi Keamanan di Baghdad


Perdana Menteri Irak Nouri al-Mailiki memerintahkan para komandan militer Irak mempercepat persiapan bagi operasi keamanan yang didukung Amerika di Baghdad. Dalam pidatonya di depan para komandan itu hari Selasa, Maliki mengakui adanya “penundaan” dalam rencana tersebut, dan ia menghimbau pihak militer supaya segera menyelesaikan persiapannya.

Rencana Keamanan baru itu menetapkan 90-ribu tentara Irak dan Amerika melakukan patroli di daerah-daerah perumahan Baghdad, di mana serangkaian serangan telah menewaskan ratusan dalam beberapa hari ini.

Sementara, pemerintah Iran hari ini mengatakan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas keselamatan seorang diplomat Iran yang diculit oleh kawanan bersenjata berseragam tentara Irak di Baghdad hari Selasa. Seorang jurubicara Iran mengatakan kawanan penculik itu terkait dengan Kementerian Pertahanan Irak, yang menurut dia “bekerja-sama dibawah pengawasan pasukan Amerika.” Seorang juruibicara militer Amerika membantah adanya keterlibatan Amerika dalam insiden itu.

XS
SM
MD
LG