Tautan-tautan Akses

Pasokan Minyak Mentah ke Eropa Barat Terganggu Akibat Sengketa Rusia-Belarus


Perundingan Rusia dan Belarus di Moskow tentang sengketa harga minyak yang telah mengganggu pasokan minyak ke Eropa barat, tidak mendapat kemajuan apapun. Kata Rusia, perundingan hanya bisa dilakukan dengan serius kalau Belarus mencabut ongkos transit minyak Rusia yang diekspor ke Eropa.

Perundingan diadakan setelah Rusia menghentikan pengiriman minyak mentah lewat pipa ke Belarus hari Senin, karena katanya, Belarus mencuri 79,000 ton minyak yang sedianya ditujukan untuk Eropa. Kata Belarus, minyak itu disita sebagai pembayaran pajak transit yang dikenakan atas eksport minyak Rusia itu.

Kata Presiden Rusia Vladimir Putin, para pejabat Rusia terus berunding dengan Belarus dan akan mengambil semua tindakan yang perlu untuk menjamin supplai minyak bagi Eropa barat. Kata pejabat Eropa, penghentian arus minyak itu telah mempengaruhi Jerman, Polandia, Hongaria, Slovakia dan Ceko. Pemerintah Belarus minggu lalu mengenakan ongkos transit 45 dollar per ton minyak yang disalurkan ke Eropa lewat Belarus.

XS
SM
MD
LG