Tautan-tautan Akses

Rusia Hentikan Pengiriman Minyak Mentah untuk Eropa Lewat Belarus


Sengketa minyak antara Belarus dan Rusia agaknya terus memuncak, setelah Rusia menghentikan pengiriman minyak mentah untuk Eropa lewat Belarus. Kata laporan pers Rusia, penghentian pengiriman minyak itu dilakukan karena Belarus mencuri 79,000 ton minyak yang ditujukan untuk pasaran Eropa.

Pemerintah Belarus tidak memberi komentar atas tuduhan pencurian minyak itu, tapi minggu lalu Belarus menentukan pajak transit 45 dollar per ton minyak Rusia yang dikirim ke Eropa lewat negeri itu. Kata pejabat Rusia, Belarus mulai mencuri minyak itu sebagai pembayaran atas pajak transit tadi, yang kata Rusia tidak sah.

Komisi Eropa minta penjelasan dari Rusia dan Belarus tentang penghentian arus minyak itu. hampir satu tahun lalu, Rusia menghentikan pengiriman gas alam ke Ukraina karena sengketa harga, dan ini mengganggu pengiriman gas alam ke Eropa barat.

Sementara itu, Azerbaijan telah menghentikan ekspor minyaknya ke Rusia, karena adanya sengketa harga gas alam Rusia. Kata perusahaan minyak pemerintah Azerbaijan, penghentian ekspor minyak itu akan berlangsung sampai akhir kwartal pertama tahun ini.

Kata jurubicara pemerintah, Azerbaijan akan menggunakan minyak yang tadinya akan dieskpor ke Rusia untuk dijadikan bahan bakar bagi pusat pembangkit listrik yang tadinya menggunakan gas alam dari Rusia. Azerbaijan tidak mau membayar harga gas alam yang diminta Rusia sebesar 235 dollar per seribu meter kubik, atau lebih dari dua kali lipat dari harga sebelumnya.

XS
SM
MD
LG