Tautan-tautan Akses

Bush dan Beberapa Pejabat Tinggi AS Bahas Kebijakan Baru Amerika di Irak


Presiden Bush hari Sabtu mengadakan rapat dengan beberapa pejabat tinggi negara membahas kebijakan baru Amerika untuk Irak. Ia akan mengumumkan kebijakan baru dimaksud yang bertujuan meredakan kekerasan sektarian di sana. Rapat dihadiri menteri pertahanan baru Robert Gates, Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice, dan Penasehat Keamanan Nasional Stephen Hadley.

Presiden Bush diduga akan mengumumkan kebijakan baru itu pada bulan Januari. Pekan yang baru lewat ini, Menteri Pertahanan Robert Gates berada di Irak selama tiga hari berbicara dengan para pemimpin militer Amerika dan para pejabat Irak tentang kebijakan untuk mengurangi tindak kekerasan. Gates tidak mengemukakan apakah ia akan menganjurkan peningkatan sementara dalam pasukan Amerika di Irak.

Di Irak, polisi melaporkan terjadi bentrokan di kota Syi’ah, Samawa di selatan. Mereka mengatakan pertempuran antara pasukan keamanan Irak dan milisi Syi’ah pendukung ulama radikal Moqtada al Sadr mengakibatkan paling sedikit 5 orang tewas dan 17 lainnya luka-luka.

XS
SM
MD
LG