Tautan-tautan Akses

Mantan PM Koizumi Pertimbangkan Lawatan ke Pyongyang Guna Bahas Ambisi Nuklir Korut


Media Jepang melaporkan mantan perdana menteri Junichiro Koizumi sedang mempertimbangkan lawatan ke tiga ke Korea Utara guna membicarakan ambisi nuklir negara itu. Menurut laporan-laporan media hari Kamis Koizumi mengatakan kepada Taku Yamasaki, anggota parlemen senior dari partai yang memerintah, bahwa dirinya bersedia melawat ke Korea Utara untuk berperan sebagai utusan khusus bagi Perdana Menteri Shinzo Abe.

Ketika menjabat perdana menteri, Koizumi melawat ke Korea Utara untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Kim Jong Il. Dalam kunjungan pertama tahun 2002, kedua pemimpin menanda-tangani deklarasi yang berisi tentang persetujuan Korea Utara untuk menghormati semua traktat nuklir internasional dan membekukan program misilnya.

Koizumi dilaporkan telah mengatakan kepada Yamasaki bahwa dia ingin membantu membebaskan semenanjung Korea dari nuklir. Para perunding untuk pembicaraan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara saat ini mencoba menentukan tanggal dimulainya kembali pembicaraan itu.

XS
SM
MD
LG